Langsung ke konten utama

Desember: Penghujung Tahun yang Penuh Berkah (By Nala Arwi)

Desember selalu hadir sebagai bulan yang sarat makna. Ia bukan sekadar penutup tahun, tetapi juga ruang untuk merenung, bersyukur, dan menata kembali langkah yang telah ditempuh. Tahun 2025 menjadi perjalanan yang luar biasa penuh dinamika, tantangan, sekaligus keberkahan yang patut dirayakan. Salah satu anugerah terbesar di awal tahun 2025 adalah ketika saya terpilih menjadi mahasiswa PPG dan dikukuhkan secara resmi oleh Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh melalui  zoom meeting . Momen itu menjadi batu loncatan penting dalam perjalanan profesional saya sebagai seorang pendidik. Dengan rasa haru dan bangga, saya menyadari bahwa amanah baru itu bukan hanya kehormatan, tetapi juga tanggung jawab besar untuk terus berkembang. Sepanjang tahun ini, berbagai pengalaman hadir silih berganti ada yang menguatkan, ada yang menguji keteguhan hati. Namun, setiap langkah yang terlalui membentuk pribadi yang lebih matang. Saya belajar lebih banyak tentang kesabaran, komitmen, dan arti sesungguhnya menja...

Pembelajaran Yang Menyenangkan, Siswa Senang di Madrasah / Iva Aminatuz Zuriyah, S.Pd.

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, termasuk di madrasah. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa tidak hanya diajarkan kemampuan berbahasa, tetapi juga diajak memahami nilai-nilai budaya, sastra, dan karakter bangsa. Namun, kenyataannya tidak sedikit siswa yang menganggap pelajaran ini membosankan karena dianggap hanya berisi teori tata bahasa dan hafalan. Oleh karena itu, guru perlu menghadirkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan agar siswa senang, aktif, dan termotivasi untuk belajar.

Pembelajaran yang menyenangkan berarti proses belajar yang mampu menciptakan suasana gembira, penuh interaksi, dan bermakna bagi siswa. Dalam konteks madrasah, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dikaitkan dengan nilai-nilai keislaman serta kehidupan sehari-hari, sehingga siswa merasa dekat dengan materi yang dipelajari. Misalnya, ketika belajar menulis teks narasi, siswa bisa diminta menulis kisah inspiratif tentang tokoh-tokoh Islam atau pengalaman beribadah. Selain melatih keterampilan menulis, kegiatan ini juga menanamkan nilai moral dan spiritual.

Guru memiliki peran utama dalam menciptakan suasana belajar yang menarik. Pendekatan pembelajaran yang bervariasi sangat penting agar siswa tidak merasa jenuh. Guru dapat menggunakan metode seperti role play (bermain peran), storytelling (bercerita), debat, atau project based learning yang melibatkan kerja kelompok. Contohnya, saat mempelajari teks drama, siswa bisa berlatih menulis naskah dan menampilkan pementasan sederhana di kelas. Aktivitas ini bukan hanya mengasah kemampuan berbahasa, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri, kerjasama, dan kreativitas siswa.

Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif juga dapat menambah keseruan. Guru dapat menggunakan video, lagu, permainan kata, atau aplikasi digital seperti Kahoot! dan Quizizz untuk mengadakan kuis interaktif. Melalui media ini, siswa belajar sambil bermain, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan diingat. Di era digital saat ini, guru Bahasa Indonesia juga bisa mengajak siswa membuat vlog, podcast, atau majalah dinding digital dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Aktivitas tersebut dapat menjadi wadah ekspresi sekaligus melatih keterampilan berbahasa secara nyata.

Selain metode dan media, hubungan positif antara guru dan siswa juga menjadi kunci keberhasilan pembelajaran yang menyenangkan. Guru yang ramah, terbuka, dan menghargai setiap pendapat siswa akan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Siswa akan merasa dihargai dan berani berpendapat tanpa rasa takut salah. Dalam suasana seperti itu, kemampuan berkomunikasi siswa pun akan berkembang dengan baik.

Pada akhirnya, pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan di madrasah tidak hanya bertujuan agar siswa mahir berbahasa, tetapi juga mencintai bahasa persatuan bangsa ini. Ketika siswa merasa senang dan terlibat aktif, mereka akan memahami bahwa belajar Bahasa Indonesia bukan sekadar kewajiban, melainkan kebutuhan untuk berinteraksi dan berkreasi. Dengan semangat belajar yang tumbuh dari hati, madrasah akan menjadi tempat yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menginspirasi lahirnya generasi muda yang cerdas berbahasa dan berakhlak mulia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan: Pondasi Pembentukan Karakter dan Kepribadian Bangsa

Pendidikan merupakan elemen penting dalam membentuk karakter dan kepribadian suatu bangsa. Tidak hanya sekadar proses transfer pengetahuan, pendidikan juga berfungsi sebagai dasar pembentukan nilai-nilai moral, etika, dan identitas yang akan menjadi panduan hidup masyarakat di masa depan. Di Indonesia, pendidikan memegang peranan strategis dalam membentuk karakter bangsa yang bermartabat, toleran, dan berkepribadian kuat, serta mampu bersaing dalam kancah global. Karakter bangsa yang kokoh berawal dari pendidikan yang berkualitas dan berbasis nilai-nilai luhur. Dalam konteks ini, pendidikan bukan hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan sikap, perilaku, dan kemampuan berinteraksi yang baik dalam masyarakat. Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, baik di tingkat dasar, menengah, maupun tinggi, harus dapat menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, gotong-royong, dan cinta tanah air. Nilai-nilai ini akan me...

"Healing" Liburan, "Gass" PPG! / Enki Dani Nugroho, S.Pd. M.Pd.

Libur semester seringkali identik dengan waktu untuk santai, tidur lebih lama, jalan-jalan, atau sekadar rebahan tanpa merasa bersalah. Tapi bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG), liburan bukan berarti sepenuhnya berhenti dari perjuangan. Inilah momen "healing", tapi tetap gass alias tetap produktif dengan cara yang menyenangkan dan tidak menguras tenaga seperti biasanya. Healing bukan sekadar pelesiran ke tempat wisata, tetapi bagaimana mengistirahatkan pikiran dari tekanan, sekaligus tetap menjaga ritme semangat belajar. Jadi, meski liburan, peserta PPG bisa tetap menyusun rencana, membuka kembali catatan materi, atau mengulas portofolio secara santai. Caranya? Duduk di teras rumah, ditemani secangkir kopi dan suara alam, sambil baca modul atau nonton ulang rekaman perkuliahan. Serius tapi santai, gass tapi tetap healing!. Bagi sebagian peserta, healing justru datang saat bisa berkarya di tengah liburan. Membuat media ajar interaktif, mencoba AI dalam menyusun bahan pe...