Desember selalu hadir sebagai bulan yang sarat makna. Ia bukan sekadar penutup tahun, tetapi juga ruang untuk merenung, bersyukur, dan menata kembali langkah yang telah ditempuh. Tahun 2025 menjadi perjalanan yang luar biasa penuh dinamika, tantangan, sekaligus keberkahan yang patut dirayakan. Salah satu anugerah terbesar di awal tahun 2025 adalah ketika saya terpilih menjadi mahasiswa PPG dan dikukuhkan secara resmi oleh Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh melalui zoom meeting . Momen itu menjadi batu loncatan penting dalam perjalanan profesional saya sebagai seorang pendidik. Dengan rasa haru dan bangga, saya menyadari bahwa amanah baru itu bukan hanya kehormatan, tetapi juga tanggung jawab besar untuk terus berkembang. Sepanjang tahun ini, berbagai pengalaman hadir silih berganti ada yang menguatkan, ada yang menguji keteguhan hati. Namun, setiap langkah yang terlalui membentuk pribadi yang lebih matang. Saya belajar lebih banyak tentang kesabaran, komitmen, dan arti sesungguhnya menja...
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar di lingkungan belajar, di mana peserta didik memperoleh pengetahuan, meguasai ketrampilan, dan membentuk sikap serta kepercayaan.
Proses ini bisa disebut bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi perolehan ilmu, penguasaan ketrampilan, dan perubahan pada diri peserta didik.
Dalam proses ini diperlukan dua pilar penting dalam pengembangan pembelajaran, yang meliputi etika dan estetika, yang mana etika berfokus pada nilai-nilai dan moral serta karakter yang baik, seperti kejujuran, tanggung jawab dan rasa hormat. Sedangkan estetika berfokus pada apresiasi terhadap keindahan dan seni untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan harmonis.
Kedua aspek ini perlu disatukan dalam pendidikan untuk menghasilkan individu yang utuh, berintegritas, kreatif, dan mampu membangun masyarakat untuk lebih maju dan madani.
Pentingnya etika dalam pengembangan pembelajaran yang meliputi antara lain adalah :
Pembentukan Karakter
Etika bertujuan membentuk karakter peserta didik agar bertindak sesuai norma moral masyarakat serta menghasilkan individu yang berintegritas dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi.
Disiplin dan Kepatuhan
Dengan etika akan tertanam nilai-nilai luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial melalui pendidikan karakter serta penguatan budaya di sekolah/madrasah.
Prilaku yang Baik
Dengan tetap menjunjung tinggi nilai etika, sikap dan prilaku yang baik pada anak akan senantiasa terus berkembang, serta akan membantu interaksi, ketrampilan komunikasi dan sosialisasi mereka.
Pentingnya Estetika dalam pengembangan pembelajaran, yang meliputi antara lain adalah :
Menarik dan Memotivasi
Estetika melalui seni dan budaya, mampu menarik minat peserta didik dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak monoton/menjemukan.
Pengembangan Kreativitas
Melibatkan keindahan dalam pembelajaran dapat mendorong kreativitas dan menciptakan suasana yang lebih harmonis bagi perkembangan sumber daya manusia.
Pengalaman Belajar yang Menyenangkan
Estetika mampu menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tenang, dan penuh kebahagiaan melalui pendekatan estetis moral.
Penyatuan Etika dan Estetika dalam Perkembangan Pembelajaran meliputi :
Pendidikan yang Harmonis
Hal ini dimaksudkan adalah menyatukan logika, etika, dan estetika dalam kurikulum akan menciptakan peserta didik menjunjung tinggi kebajikan dan keindahan.
Menciptakan Kepribadian yang Utuh
Tujuan kombinasi antara etika dan estetika akan menciptkan pribadi yang kreatif, sensitif terhadap nilai-nilai moral dan keindahan, serta mampu bertindak secara harmonis dalam kehidupan pribadi maupun sosial.
Perwujudan Pembelajaran
Bahwa penyatuan seni dan budaya ke dalam sistem pendidikan, akan menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga terwujudlah pembelajaran yang indah dan penuh nilai-nilai etis.
Biodata Penulis :
DARMANI, S. Sos, S.Pd, M. Pd I
Pernah belajar di :
Hotel And Tourism Training Center Bali ( 1992 )
Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Universitas Lumajang ( 1997 )
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Islam Jember ( 2001 )
Program Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Sunan
Komentar
Posting Komentar